simpelandroid.com – Pada fitur google maps, mengakses lokasi pengguna atau share lokasi pengguna merupakan suatu hal yang umum ditemukan pada smartphone android. Sering ketika kita membuka aplikasi misal Google Maps, untuk menentukan lokasi pengguna berdasarkan lokasi akan langsung muncul pada peta. Untuk dipahami, lokasi pengguna ditentukan oleh nilai kordinat X (latitude) dan kordinat Y (longitude). Sebuah aplikasi berbentuk share lokasi atau mendapatkan lokasi pengguna (fitur location) berupa latitude dan longitude pada perangkat sangat mudah untuk dibuat.

Pada kesempatan ini, kita akan mempelajari tutorial bahasa Kotlin yaitu cara menampilkan latitude dan longitude pengguna menggunakan Bahasa Kotlin pada Android Studio.

HASIL AKHIR APLIKASI

Aplikasi yang akan kita praktekkan nantinya hasil akhir seperti tampilan berikut ini:

GAMBAR

BUAT PROJECT ANDROID

Pertama sekali buatkan project anda menggunakan Android Studio. Untuk konfigurasi projectnya bisa dilihat pada tampilan berikut. Pastika pilihan Bahasa Pemrograman yang digunakan (bagian languange) pilih : Kotlin.

share location android kotlin
Konfigurasi Project

Ubah filebuild:gradle (module:app)

Kita akan menambahkan Android Extensions yaitu suatu library dari kotlin yang dapat digunakan untuk view binding, view caching dan costum parcelers. Kemudahan menggunakan library ini juga codenya akan lebih ringkas. Berikut code penambahannya dan letak lokasi build:gradle. Jangan lupa setelah penambahn baris codenya, lakukan “Sync Now”.

Penambahan Baris code pada build:gradle

UBAH VALUES RESOURCES

Berikutnya kita akan melakukan sedikit penambahan code pada directory values untuk file string.xml dan colors.xml. Untuk warna pada file color.xml jikapun tidak mau mengubahnya, dibiarkan saja defaultnya. Berikut isi source codenya:

colors.xml

string.xml

LAYOUT APLIKASI

Langkah selanjutnya kita mulai membuat layout aplikasinya. Tampilan aplikasinya sederhana saja tidak perlu mendesain terlalu bagus karena tujuan akhir kita hanya menampilkan data info berupa text saja. Buka file activity_main.xml yang terdapat dalam direktori res, kemudian ubah codenya menjadi seperti berikut:

activity_main.xml

share location android kotlin
Layout Aplikasi

CLASS KOTLIN

Setelah tahap perancangan Layout selesai, kini kita ke class kotlin untuk menuliskan code kotlin untuk memproses aplikasi. Pertama kita buat sebuah Class baru bernama “share_location”. Class ini sebagai interface yang mempunyai method untuk formatting location, hampir sama dengan penggunan utils.

share location android kotlin
Cara buat Class Kotlin
share location android kotlin
Memberikan nama Class Kotlin

Setelah class selesai dibuat, ubah codenya menjadi sebagai berikut:

class : share_location.kt

UBAH CLASS ACTIVITY

Sekarang kita akan implementasikan interface “share_location.kt” dengan activity aplikasi. Tujuannya untuk menampilkan nilai latitude dan longitude pada layout activity. Buka file “MainActivity.kt” dan ubah codenya menjadi sebagai berikut:

MainActivity.kt

SET PERMISIIONS

Terakhir, kita tambahkan set permission pada file : AndroidManifest.xml

Tutorial Kotlin: Cara menampilkan latitude dan longitude
Tag pada: