Mengenal Android Bagi Pemula


Pengertian Android

Bagi pemula, android merupakan salah satu perangkat smartphone yang banyak pemakai. Pengertian Android adalah suatu sistem operasi dan platform pemrograman yang dikembangkan oleh Google untuk ponsel cerdas dan perangkat seluler lainnya (seperti tablet). Android bisa berjalan di beberapa macam perangkat dari banyak produsen yang berbeda. Android menyertakan kit development perangkat lunak untuk penulisan kode asli dan perakitan modul perangkat lunak untuk membuat aplikasi bagi pengguna Android. Android juga menyediakan pasar untuk mendistribusikan aplikasi. Secara keseluruhan, Android menyatakan ekosistem untuk aplikasi seluler.

Alasan Pengembangan Aplikasi Android

Aplikasi Android dikembangkan untuk berbagai alasan, diantaranya:

  1. menjawab kebutuhan bisnis,
  2. membangun layanan baru,
  3. membuat bisnis baru, dan
  4. menyediakan game serta jenis materi lainnya untuk pengguna.

Developer memilih untuk mengembangkan bagi Android agar bisa menjangkau sebagian besar pengguna perangkat pada seluler.

GUI yang Interaktif

Android menyediakan antarmuka pengguna (UI) layar sentuh untuk berinteraksi dengan aplikasi. Antarmuka pengguna Android sebagian besar berdasarkan pada manipulasi langsung, menggunakan isyarat sentuhan seperti menggesek, mengetuk, dan mencubit untuk memanipulasi objek di layar. Selain keyboard, ada keyboard virtual yang bisa disesuaikan untuk masukan teks. Android juga bisa mendukung pengontrol game dan keyboard fisik berukuran penuh yang dihubungkan dengan Bluetooth atau USB.

android pemula

Perangkat Android

Android didesain untuk menyediakan respons cepat terhadap masukan pengguna. Selain antarmuka sentuh yang berubahubah, kemampuan getaran perangkat Android bisa menyediakan umpan balik sentuhan. Perangkat keras internal seperti akselerometer, giroskop, dan sensor kedekatan, digunakan oleh banyak aplikasi untuk merespons tindakan pengguna tambahan. Sensor tersebut bisa mendeteksi rotasi layar dari potret ke lanskap untuk tampilan yang lebih lebar atau sensor bisa memungkinkan pengguna untuk menyetir kendaraan virtual dengan memutar perangkat seolah-olah setir mobil.

Platform Android, berdasarkan pada kernel Linux, terutama didesain untuk perangkat seluler layar sentuh seperti ponsel cerdas dan tablet. Karena perangkat Android biasanya bertenaga baterai, Android didesain untuk mengelola proses guna menjaga konsumsi daya tetap minimum, sehingga menyediakan penggunaan baterai lebih lama.

Mudah Untuk Pengembangan Aplikasi

Menggunakan Android Software Development Kit (SDK) Android untuk mengembangkan aplikasi yang memanfaatkan UI dan sistem operasi Android. SDK terdiri dari serangkaian alat development menyeluruh yang menyertakan debugger, pustaka perangkat lunak kode pratulis, emulator perangkat, dokumentasi, kode contoh, dan tutorial. Gunakan alat-alat ini untuk membuat aplikasi yang terlihat hebat dan manfaatkan kemampuan perangkat keras yang tersedia di setiap perangkat.

Untuk mengembangkan aplikasi menggunakan SDK, gunakan bahasa pemrograman Java untuk mengembangkan aplikasi dan file Extensible Markup Language (XML) untuk menjelaskan sumber daya data. Dengan menulis kode di Java dan membuat biner aplikasi tunggal, Anda akan memiliki aplikasi yang bisa berjalan pada faktor bentuk ponsel dan tablet. Anda bisa mendeklarasikan UI dalam rangkaian sumber daya XML ringan, satu rangkaian untuk bagian UI yang umum bagi semua faktor bentuk, dan rangkaian lain untuk fitur yang khusus bagi ponsel atau tablet. Pada waktu proses, Android menerapkan rangkaian sumber daya yang tepat berdasarkan ukuran layar, kepadatan, lokal, dan sebagainya.

Untuk membantu Anda mengembangkan aplikasi secara efisien, Google menawarkan Lingkungan Development Terintegrasi (IDE) Java lengkap yang disebut Android Studio, dengan fitur lanjutan untuk pengembangan, debug, dan pemaketan aplikasi Android. Dengan menggunakan Android Studio, Anda bisa mengembangkan perangkat Android yang tersedia, atau membuat perangkat virtual yang mengemulasikan konfigurasi perangkat keras apa pun.
Android menyediakan arsitektur development yang kaya. Anda tidak perlu mengetahui banyak tentang komponen
arsitektur ini, namun perlu mengetahui apa yang tersedia dalam sistem yang digunakan untuk aplikasi Anda.

Baca : Persiapan Awal Belajar Android

Ditsribusi Aplikasi yang luas

android pemula

android pemula

Mendistribusikan aplikasi Android dalam banyak cara: email, situs web, atau pasar aplikasi seperti Google Play. Pengguna Android mengunduh jutaan aplikasi dan game dari Google Play store setiap bulan. Google Play adalah layanan distribusi digital, yang dioperasikan dan dikembangkan oleh Google, yang berfungsi sebagai toko aplikasi resmi untuk Android, yang memungkinkan konsumen menjelajah dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan dengan Android SDK dan dipublikasikan melalui Google.

Demikian.,

Mungkin Anda juga menyukai

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of