Cara Mudah Persiapan Belajar Pemrograman Android

Android menjadi salah satu platform terbanyak yang digunakan oleh masyarakat dunia, khususnya di Indonesia. Banyaknya pengguna menjadikan para pengembang aplikasi (Developer) mulai mempelajari pembuatan aplikasi android. Pemrograman Android akan sulit dipahami bagi kalangan pemula khususnya yang tidak familiar dengan aplikasi pada perangkat smartphone. Bagi pemula yang belajar pemrograman android ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memulai belajar. Disamping harus menguasai beberapa Bahasa pemrograman, ketersediaan perangkat PC atau laptop yang spesifikasi tinggi juga menjadi kebutuhan utama.

Persiapan Awal Belajar pemrograman Android

Ada beberapa hal yang perlu menjadi persiapan sebelum belajar pemrograman Android sehinggan akan menjadi programmer Android. Berikut penjelasan tahap-tahap awal untuk belajar pemrograman Android.

Bahasa Pemrograman

XML
Bahasa Pemrograman XML digunakan untuk membuat user interface (layout) aplikasi Android.

Kotlin
Bahasa Pemrograman Kotlin kini menjadi bahasa resmi pada Android. Bahasa Kotlin disukai oleh banyak developer Android karena merupakan bahasa pemrograman kombinasi kesederhanaan dan kemampuannya.

Java
Bahasa Pemrograman Java merupakan Bahasa Pemrograman yang berorientasi Objek. Bahasa java digunakan untuk membuat aplikasi Android dibagian proses.

Disamping ketiga Bahasa Pemrograman yang disebutkan diatas, terdapat bahasa pemrograman lainnya yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi dalam skala luas. Misalnya aplikasi yang menggunakan jenis Layanan Web yang terhubung antara aplikasi pada komputer (Server) dan aplikasi pada Android (Client). Bahasa Pemrograman tersebut adalah:

PHP
Bahasa Pemrograman PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah web dan bisa digunakan pada HTML. PHP (Hypertext Preprocessor) bekerja di sisi server (server-side HTML embledded scripting). Pada aplikasi Android, bahasa pemrograman PHP digunakan sebagai web service.

JSON
JavaScript Object Notation atau disingkat JSON merupakan format pertukaran data yang ringan, mudah dibaca dan ditulis oleh manusia, serta mudah diterjemahkan dan dibuat (generate) oleh komputer. Bahasa JSON digunakan sebagai bahasa pertukaran data antara aplikasi pada komputer (Server) dengan aplikasi pada android (Client)

MySQL
MySQL merupakan perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL, atau DBMS yang multithread dan multi-user. MySQL merupakan Relational Database Management System (RDBMS) yang berada dibawah lisensi GPL (General Public License). Pada pengembangan aplikasi, MySQL digunakan sebagai database yang melakukan penyimpanan data.

Tools dan IDE Untuk Pemrograman Android

Pemrograman Android dengan Android Studio

Pemrograman Android dengan Android Studio

Android Studio
Android Studio adalah IDE official yang direkomendasikan oleh google untuk mengembangkan aplikasi android untuk para developer. Spesifikasi sebagai berikut :

  • Windows

Microsoft® Windows® 8/7/Vista (32- or 64-bit)
2 GB RAM minimal, 4 GB RAM direkomendasikan
400 MB ruang hard disk
Minimal 1 GB untuk Android SDK, emulator sistem images, dan caches
1280 x 800 minimal resolusi layar
Java Development Kit (JDK) 7
Opsional untuk emulator dipercepat : prosesor Intel® dengan dukungan Intel® VT – x , Intel® EM64T ( Intel® 64 ) , dan Execute Disable ( XD ) fungsi Bit

  • Mac OS X

Mac® OS X® 10.8.5 atau lebih tinggi, hingga 10.9 (Mavericks)
2 GB RAM minimal, 4 GB RAM direkomendasikan
400 MB ruang hard disk
Minimal 1 GB untuk Android SDK, emulator sistem images, dan caches
1280 x 800 minimal resolusi layar
Java Runtime Environment (JRE) 6
Java Development Kit (JDK) 7
Pada Mac OS , menjalankan Android Studio dengan Java Runtime Environment (JRE) 6 untuk dioptimalkan font rendering. Anda kemudian dapat mengkonfigurasi proyek Anda menggunakan Java Development Kit (JDK) 6 atau JDK 7.

  • Linux

GNOME atau KDE desktop
GNU C Library (glibc) 2.15 atau lebih tinggi
2 GB RAM minimal, 4 GB RAM direkomendasikan
400 MB ruang hard disk
Minimal 1 GB untuk Android SDK, emulator sistem images, dan caches
1280 x 800 minimal resolusi layar
Oracle® Java Development Kit (JDK) 7
Distribusi 64 – bit mampu menjalankan aplikasi 32 – bit
Diuji pada Ubuntu® 14.04 , Trusty Tahr (Distribusi 64 – bit mampu menjalankan aplikasi 32 – bit).

Download Android Studio.

Android SDK
Android SDK (Software Development Kit) merupakan alat atau tool yang digunakan untuk membuat aplikasi platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java.

Emulator
yang terkahir adalah Emulator, emulator digunakan untuk mencoba aplikasi yang dikembangkam ke dalam perangkat Android berjalan. Emulator berguna untuk mengetahui adanya bugs atau tidak pada aplikasi yang dibangun. Terdapat beberapa emulator, ada Emulator bawaan dari Android Studio, genymotion atau emulator lainnya. Hal yang mudah yang bisa digunakan yaitu menggunakan perangkat Smartphone Android yang telah di setting USB Debugging pada Developer Options.

Demikian gambara awal dalam mempelajari Pemrograman Android, semoga bisa berguna bagi pemula yang ingin belajar Android.

Mungkin Anda juga menyukai

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of