Perkembangan aplikasi Android semakin banyak perubahan yang terjadi. Sampai bulan Agustus 2019, versi android yang terakhir adalah Android 10 Q (API 29). Terdapat banyak perubahan ketika muncul versi terbarunya. Untuk memahami perkembangan versi Android, bisa dicek di halaman wikipedia.

Sejak versi Android Lollipop 5.0 (API 21) dimunculkan, sisi tampilan Android semakin menarik pengguna dengan hadirnya navigasi menu atau sering disebut Navigation Drawer. Kemudian muncul library Material Design, semakin membuat tampilan (interface) suatu aplikasi lebih menarik. Selain navigasi, ada snackbar, label mengambang di EditText, tab dan gerak dan kerangka gulir lainnya. Hadirnya library Material Design membuat aplikasi android terlihat lebih menarik.

Pembahasan kali ini akan kita bahas bagaimana membuat tampilan Menu Navigation Drawer atau sering disebut menu mengalir dari samping. Berikut langkah-langkah pembuatan aplikasinya menggunakan Android Studio. Kita menggunakan library “android Design Support Library” untuk membuat tampilan Navigation Drawer.

BUAT PROJECT

Buatkan Project baru di Android Studio dengan setting berikut:
Activiy : Empty
Application name: App_NavigationDrawer
Company Domain: simpelandroid.com
Package name: com.simpelandroid.navigationview
Minimum SDK: API 22

android navigation drawer
Konfigurasi Project

Tampilan berikut jika berhasil membuat project baru:

android navigation drawer

Tambahkan Design Support Library Pada Dependency

Selanjutnya, tambahkan kode library “design support library” pada dependency yang terdapat pada file “build.gradle”. Lihat gambar :

Gambar

Selanutnya, Tambahkan Navigation View pada Layout aplikasi dengan cara buka file “style.xml” yang terdapat pada direktori : res/values/styles.xml. Ubah kodenya menjadi:

android navigation drawer
Code pada style.xml

Buat Navigation Header View Dan Navigation Menu Layout

Berikutnya, kita buat dua buah layout pada direktori “res”, yaitu navigation_header.xml dan navigation_view_items.xml pada direktori “menu”. Ubah code navigation_header.xml menjadi sebagai berikut:

ubah code navigation_view_items.xml menjadi:

Tambahkan Navigation View ke Activity Layout

Selanjutnya menambahkann navigation view design support library ke activity layout, yang terletak di : res/layout/activity_main.xml

Kemudian jangan lupa ubah file : string.xml menjadi sebagai berikut:

Modifikasi File main_activity.java

Terakhir, Ubahlah code pada : Main_activity.java menjadi sebagai berikut :

Jalankan projectnya dengan klik RUN dan lihat hasilnya.

Cara Buat Navigation Drawer Menggunakan Material Design Android
Tag pada: