Flutter telah menjadi bagian dalam dunia pemrograman mobile, sudah banyak Developer yang membahas tentang Flutter. Perkembangan pemrograman mobile terkadang membuat seorang pengembang harus sering-sering update informasi. Lanjut pembahasan kali ini, yaitu tentang bagaimana cara buat aplikasi flutter, pastinya ini menjadi aplikasi pertama setelah sebelumnya kita telah mempelajari hal awal tentang cara konfigurasi dan install Flutter SDK di OS Windows.

Sebaiknya sebelum memulai memahami materi pembahasan ini, lebih baik dibaca terlebih dahulu materi-materi sebelumnya tentang konfigurasi flutter SDK. Berikut list bacaanya:

Jika sudah dibaca dan dipahami materi tersebut dan tidak ada kendala dalam prakteknya, barulah bisa melanjutkan ke materi yang akan kita bahas berikut.

Untuk diketahui, membuat aplikasi Flutter dapat dibuat dengan mudah melakukan peritah baris melalui Command Line. Selain dengan Command Line, aplikasi Flutter dengan sangat mudah juga dapat dibuat menggunakan IDE Android Studio yang telah kita pelajari sebelumnya. Pada pembahasan ini, kita mulai dulu caranya dengan menggunakan perintah Command Line di OS Windows. Jika sudah paham melalui cara ini, baru selanjutnya kita gunakan IDE Android Studio.

Sekedar review balik, kebutuhan software untuk bisa membuat aplikasi Flutter yaitu:

  • Java Development Kit (JDK);
  • IDE Android Studio (materi ini kita tidak gunakannya);
  • Android SDK;
  • Flutter SDK;
  • Teks Editor (saya gunakan Notepad++).

Jika semua kebutuhan software diatas telah terpenuhi, kita akan mulai langkah-langkah membuat aplikasi flutter untuk pertama kalinya.

Menggunakan Perintah Baris Command Line

Ikuti tahapan berikut untuk mulai membuat project flutter dan pastikan koneksi internet nya aktif.

  • Jalankan Command Prompt melalui menu all program windows
  • Siapkan direktori kerja untuk menyimpan script flutter, misalnya sebagai contoh saya membuat folder di partisi D:\Belajar Flutter\project. Didalam folder inilah nantinya kita akan menyimpan project-project aplikasi Flutter.
  • Aktifkan direktori kerja menggunakan perintah berikut pada command line, lihat gambar:
aplikasi flutter
Perintah command line untuk masuk direktori kerja
  • Jika sudah aktif direktorinya, selanjutnya kita buat nama project nya dengan melakukan perintah sebagai berikut:

Sebagai contohnya, kita buat nama projectnya : latihan_1, maka perintah pada command line yaitu:

Lihat gambar berikut untuk lebih memahaminya:

aplikasi flutter
perintah untuk buat project baru

Setelah melakukan perintah diatas, maka project flutter akan dibuat secara otomatis dan hasilnya bisa kita cek pada direktori folder, lihat gambar:

aplikasi flutter
Proses pembuatn project flutter jika berhasil
aplikasi flutter
Isi direktori project Flutter 

RUN PROJECT

Untuk tahap awal belajar, kita tidak perlu mengubah source code di dalam aplikasi ini, kita langsung coba jalankan pada emulator. Menjalankan aplikasi flutter kita bisa menggunakan emulator dari Android Studio yang telah kita install sebelumnya atau juga langsung ke-smartphone, dengan catatan, smartphone dan PC sudah terhubung. pada contoh ini, kita gunakan emulator dari Android Studio. Ikuti langkah berikut:

  • Cek dulu list emulator yang telah dijalankan. ketik perintah berikut pada command line. Perintah berikut berguna untuk mengecek apakah device perangkat atau emulator sudah berjalan atau belum, jika sudah berjalan akan tampil sebagai berikut:
Device dikenali jika muncul hasi seperti diatas, pastinya Emulator telah dijalankan
  • Run project nya dengan mengetikkan perintah berikut :
project flutter
run project

Note : perhatikan gambar diatas, muncul tanda error (warna merah), ini terjadi karena saat menjalankan perintah “flutter run” kita belum masuk ke direktori projectnya,, pastikan kita sudah masuk ke direktori project nya.

  • Dan berikut adalah hasil akhir ketika projectnya berhasil dijalankan dengan sukses
aplikasi flutter
Project Flutter berhasil dijalankan

KESIMPULAN

  • Membuat project Flutter bisa dilakukan pada command line dengan beberapa perintah
  • Selain command line, project flutter bisa juga dibuat menggunakan IDE Android Studio
  • Perintah “flutter create nama_app” merupakan perintah untuk buat baru project. “flutter devices” untuk mengecek emulator atau device yang berjalan. “flutter run” untuk melakukan run project (mode debug)

VIDEO PANDUAN

Untuk lebih memahami materi, berikut video panduannya:

Video panduan membuat Project pertama Flutter di Windows

Cara Buat Aplikasi Flutter